Sabtu, 09 Juni 2012

cara memperbesar pengapian motor rx-king

Mo bikin pengapian lebih mumpuni meladeni derasnya uap BBM tapi gak mau keluar banyak modal? Pernah coba kapasitor 4.7 uF? Untuk motor standard (ukuran spuyernya) cukup pake yg 4.7 uF. Mau pake kapasitor yg ukurannya lbh besar spy apinya juga gede boleh aja tapi musti diikuti dgn menaikkan angka spuyer. Hal ini untuk mencegah agar piston tdk bolong akibat pengapian 'kering'.

Kapasitor? Ya iya, itu loh yg suka ada di benda2 elektronik spt tape, radio, tv dll. Ukurannya gak lebih besar dr sebutir kacang (oops..... jangan ngeres, malu sama bu guru yg rajin memantau milis, maaf ya bu), punya 2 kaki, kaki yg panjang positif yang pendek negatif (CeMIIuW, negatif atau positifnya tertera koq), harganya pun gak lebih dr goceng atau Rp. 5.000,- bahkan ada yg cuma 500 perak.

Cara pasangnya nggak susah, cukup menyambungkan kabel dr CDI ke koil (pada RX King berwarna orens/oranye) dgn kaki negatif dan kaki positifnya berfungsi sbg penerus arus dr kapasitor ke koil.
Masih bingung? Begini deh, di RX King kabel dr CDI ke koil kan warnanya orens. Nah arus dr CDI ke koil di salurkan dulu ke kaki negatif kapasitor sementara kaki positif kapasitornya meneruskan arus dr kapasitor ke koil.
Gimana caranya? Boleh dengan memotong kabel orens tsb untuk disambungkan ke kaki negatif kapasitor atau melepas dulu soket kabel orens yg di koil untuk disambung dgn kapasitor. Ingat ya, kaki negatif ke arah CDI dan kaki positif ke koil. WOEY....... KAKI KAPASITOR BUKAN KAKI TEMAN SEMEJA KAMU!!!! (Bu Guru bertolak pinggang dgn mata melotot menatap tajam murid2 yg duduk di
pojok belakang yg suka ngobrol klo dijelasin).

Hah, masih ada yg mikir dengan tatapan kosong dahi berkerut dan kucek2 rambut? Dateng aja pas kopdar parkit tiap malming, pangpol tiap jumat ke-2 dan ke-4 AOH atau Senayan tiap awal bulan jam 15.00.

Bro, kapasitor ini bisa bertahan hampir setahun. Maklumlah, uang kagak ngebohong. Masak kapasitor seceng mo disamain sama CDI Kang Demang yg nopek goban (250 rebu).

1 komentar:

  1. Mantap bro infonya ,,
    Buat yang lagi nyari cdi brt buat rx king mampir ke website kita bro Cdi Racing Brt Untuk Rx King dan juga ke blog kita ya Cdi Brt Hyperband yamaha Rx King

    BalasHapus