Sabtu, 09 Juni 2012

cara memperbesar pengapian motor rx-king

Mo bikin pengapian lebih mumpuni meladeni derasnya uap BBM tapi gak mau keluar banyak modal? Pernah coba kapasitor 4.7 uF? Untuk motor standard (ukuran spuyernya) cukup pake yg 4.7 uF. Mau pake kapasitor yg ukurannya lbh besar spy apinya juga gede boleh aja tapi musti diikuti dgn menaikkan angka spuyer. Hal ini untuk mencegah agar piston tdk bolong akibat pengapian 'kering'.

Kapasitor? Ya iya, itu loh yg suka ada di benda2 elektronik spt tape, radio, tv dll. Ukurannya gak lebih besar dr sebutir kacang (oops..... jangan ngeres, malu sama bu guru yg rajin memantau milis, maaf ya bu), punya 2 kaki, kaki yg panjang positif yang pendek negatif (CeMIIuW, negatif atau positifnya tertera koq), harganya pun gak lebih dr goceng atau Rp. 5.000,- bahkan ada yg cuma 500 perak.

Cara pasangnya nggak susah, cukup menyambungkan kabel dr CDI ke koil (pada RX King berwarna orens/oranye) dgn kaki negatif dan kaki positifnya berfungsi sbg penerus arus dr kapasitor ke koil.
Masih bingung? Begini deh, di RX King kabel dr CDI ke koil kan warnanya orens. Nah arus dr CDI ke koil di salurkan dulu ke kaki negatif kapasitor sementara kaki positif kapasitornya meneruskan arus dr kapasitor ke koil.
Gimana caranya? Boleh dengan memotong kabel orens tsb untuk disambungkan ke kaki negatif kapasitor atau melepas dulu soket kabel orens yg di koil untuk disambung dgn kapasitor. Ingat ya, kaki negatif ke arah CDI dan kaki positif ke koil. WOEY....... KAKI KAPASITOR BUKAN KAKI TEMAN SEMEJA KAMU!!!! (Bu Guru bertolak pinggang dgn mata melotot menatap tajam murid2 yg duduk di
pojok belakang yg suka ngobrol klo dijelasin).

Hah, masih ada yg mikir dengan tatapan kosong dahi berkerut dan kucek2 rambut? Dateng aja pas kopdar parkit tiap malming, pangpol tiap jumat ke-2 dan ke-4 AOH atau Senayan tiap awal bulan jam 15.00.

Bro, kapasitor ini bisa bertahan hampir setahun. Maklumlah, uang kagak ngebohong. Masak kapasitor seceng mo disamain sama CDI Kang Demang yg nopek goban (250 rebu).

TIPS CARA MERAWAT MOTOR MATIC

Hal yang perlu diperhatikan untuk perawatan motor matic anda agar tetap awet dan performanya tidak mudah menurun, mungkin anda perlu lakukan beberapa hal sebagai berikut.? kalau untuk TIPS Merawat Mesin Motor Untuk Mesin Motor 4 Tak anda bisa lihat artikelnya di link tersebut.?


TIPS CARA MERAWAT MOTOR MATIC
1. Lakukan servis umum setiap 2 bulan sekali, cek karburator, cek busi, buka filter udara dan cek rantai.

2. Servis karburator setiap 3 bulan sekali.

3. Perhatikan V.Belt (letaknya disamping kiri roda) diganti tiap 25.000 km dan diservis tiap 10.000 km.

4. Oli mesin sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin. Ganti oli tiap 2.000 km, jangan ditunggu sampai minyak pelumas berwarna kehitam-hitaman karena mempengaruhi kelenturan daya tarik dan kinerja mesin.

5. Tiap 15.000 km klep harus dibersihkan agar mesin dalam kondisi yang selalu prima dan motor tidak ngadat atau mogok, biasanya kotoran sering mengganjal di klep.

6. Periksa tekanan angin ban, jangan terlalu keras dan juga jangan kurang angin.

7. Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, hidupkan mesin dengan menarik cuk dan gunakan starter kaki. Biarkan mesin hidup sekitar 5 menit supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Kemudian kembalikan letak cuk dan motor siap digunakan.

8. Gunakan selalu spare part asli. Lebih baik mahal sedikit tetapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli meski murah tetapi tidak tahan lama.

9. Sebaiknya servis motor di bengkel resmi yamaha, jika ada kerusakan lebih mudah ditangani dan pastinya setiap melakukan service kita mendapatkan garansi 1 minggu jika terjadi hal-hal yang kurang baik bisa kembali lagi untuk diservis.

Tamahan Untuk Perawatan motor matic anda

Merawat motor matic :
1. Ganti oli mesin : oli yang saya pakai biasanya oli yang standard digunakan oleh pabrikan itu sendiri, untuk kekentalan sesuai kebutuhan; untuk dipakai melaju cepat memakai yang encer, kalalu untuk sehari-hari yang agak kental. Usahakan ganti Oli minimal tiap 2000 km (kurang dari 2000 km lebih bagus…), jangan berpatokan pada hari atau bulan ganti oli sebelumnya, tetapi berpatokan pada kilometer yang tertera pada speedometer.2. Ganti oli transmisi : usahakan jangan melebihi 7500 Km.
3. Ganti Vent Belt : layak untuk diganti jika pemakaian lebih dari 20.000 Km, sekalian membersihkan ruang transmisi tersebut.
4. Pastikan busi bekerja dengan baik, mengeluarkan percikan api yang bagus dan jangan lupa demi kelanggengan mesin gunakan spare part standard saja (sesuai kebutuhan).
5. Chek kondisi aki, ini penting karena kebanyakan motor matic meruapakan motor full DC dimana peran aki sangat berpengaruh, yaitu untuk tenaga dan sumberdaya motor itu sendiri.
6 . Ganti Oli shocbreaker : untuk menjaga kemantapan suspensi ganti oli shockbreaker minimal 10.000 Km.
Demikian panduan singkat mengenai perawatan motor matic, semoga bermanfaat..!

TIPS MENAIKKAN PERFORMA SATRIA FU DENGAN BUDGET MINIM, Cara korek harian untuk pelajar satria f150

Bagi para penyemplak satria FU yang uang jajan minim, tapi pingin motornya lebih garang. Silahkan ikuti step-step ini:
  1. Pilot jet naikan ukuran 1-2 step, misal dari 12,5 jadi 15 atau 17,5.Pilot jet pengaruh untuk start awal, pilot jet berguna menyumplai bahan bahan bakar untuk 0 - 1/4 throttle. Penambahan ukran Pilotjet juga berguna untuk Mengurangi gejala knalpot nembak seperti yang telah dibahas pada postingan sebelumnya. Peningkatan ukuran pilot jet jangan terlalu besar nanti boros dan karburator bisa mengembun karena bensin banyak tapi udara cuma seadanya. Alias campuran terlalu kaya (rich)
  2. Setting lagi Air Screw.Caranya putar air screw, searah jarum jam sampai mentok, lalu putar lg ke kiri sampai dapat rpm tertinggi, lalu baru atur gasnya turunin jd 1400 rpm ,biasanya dapat 1 - 1 1/2 putaran counter clockwise. Jika kurang jelas bisa dilihat diulasan Cara setting karbu.
  3. Gear (sprocket) belakang kurangi 2 atau 1 mata, mis dari 43 menjadi 41 atau 42 mata..atau gear depan ditambah 1 mata. 

     efeknya Tarikan jadi sedikit lambat tapi top speed akan bertambah.. Tapi bagi yang motornya stop and go, lompati langkah ini.
  4. Selengkapnya silahkan baca disini >>>>...

Keunggulan Vega R 2003

Kali ini saya akan bagi bagi tips merawat yamaha vega r keluaran 2003.Karena motor ini dibilang motor low end,tapi sebenarnya banyak sekali kelebihan yang ada pada motor ini selain harga yang murah tapi juga dibekali mesin yang handal dengan akselerasi yang galak di putaran bawah membuat motor ini enak diajak meliuk liuk di jalanan macet.Vega r ini banyak di cari dalam hal spare part,yaitu CDI AC nya yang bisa berkitir pada putaran 12 ribu rpm.Nah bagi agan yang udah mengorek mesin motornya(bebek 115 kebawah)bisa mengaplikasikan CDI vega r 2003 ini,karena sanggup mendongkrak tenaga mesin pada putaran tinggi.Lihat saja pada CDI standar hanya mampu melayani pada putaran dibawah 8500 rpm,sedangkan CDI vega r 2003 mampu melayani pada putaran 12000 rpm

10 Alasan kenapa Memilih Suzuki Satria FU 150..!!


Produk bebek super ini dilahirkan Suzuki tahun 2004 dan merupakan model baru dari generasi satria sebelumnya dengan perubahan kubikasi 150cc : Twin Cam / DOHC(Double Overhead Camshafts) volume silinder 147cc , SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material) , SACS (Suzuki Advanced Cooling System),RDB, 290mm FDB ,Lalu apa saja alasan untuk meminangnya..?
1.Kencang-cc besar…
Untuk bebek kalau sudah mampu lari diatas 100 kpj yo josss… yah maklum 150cc .. :) dengan teknologi SACS (Suzuki Advanced Cooling System) membuat dapur pacu 150cc tetap stabil dan SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material) ringan tapi kuat ..
2.DOHC (Double Overhead Camshafts)….
Dengan teknologi ini putaran menengah dan atas maknyuss.. intinya tenaga gede lah :)
3.Suzuki….
Coba kalau merk lain misalnya suzuka pasti gak keren… (yang jelas merk suzuki juga berperan)..
4.Speedometer digital….
Gak jadul… analog wis gak jamannya lagi kalau mau disebut motor super :)
5.Sporty ayam jago…..
Model sporty khas ayam jago..tiada yang nyamain sampai saat ini di Indonesia..dengan julukan yang keren hyper underbone..
6.Desain Lampu depan dan knalpot bagus,disc brake besar……
Ini bagian yang saya kira punya nilai artistik…modern serasi dan proporsional..safety
7.Model mirip bebek…
Nah bebek khan surganya di marih..yah nyamar bebek lah biar laku… artinya desain bebek familiar di Indonesia… kalau model entog diketawain ntar :mrgreen:
8.Lebih enteng bawanya… dibanding moge……
Ya iyalah udah kencang buat selap-selip dikeramaian mantaff..ramping,handling lebih mudah .
9.Spare part mahal….
Yah mahal bukan berarti nilai minus…justru part mahal tuh karena original.. bukan abal2 :mrgreen: tapi untuk motor performa tinggi jangan pakai yang murahan lah …
10.Mudah dimodifikasi….
Model framenya bagus dan kuat kalau mau dibikin drag style walau ditelanjangi gak malu :mrgreen:

Masih butuh bebek..??? :lol:

Mengukur Kompresi Motor


kompresi-motorSering bicara mengenai kompresi, bagaimanakah untuk mengetahui angkanya? Tidak lain dalam perhitungan tersebut adalah dengan menggunakan rumus kompresi dan caranya cukup mudah. Tapi, bikers haruslah mempunyai buret atau alat ukur cairan. Bila kesulitan dalam mencarinya, bikers dapat menggunakan suntikan yang biasa digunakan untuk untuk tinta printer.
Posisikan piston sedang top atau TMA (Titik Mati Atas). Kemudian celah piston dengan boring ditambal dengan gemuk. Setelah itu, pasanglah kepala silindernya.
Posisikan mesin pada posisi berdiri dan suntikkan oli sokbreker atau oli samping. Dari sanalah akan dapat diketahui berapa cc isi ruang bakarnya. Misalnya volume ruang bakar (Vrb) 10 cc.
Juga biker harus mengetahui volume silinder. Misalnya volume silinder (Vs) hasil bore up 130 cc. Berarti rasio kompresi (Rk) yaitu:
Vs + Vrb
Rk =  ————–
Vrb
130 cc + 10 cc
Rk = ——————-  =  14
10 cc
Jadi, rasio kompresinya 14 : 1. Sangat tinggi sekali, biar rendah, jenongnya piston harus dikurangi lagi agar isi ruang bakar menjadi besar.

Cara Sederhana Naikkan Kecepatan Motor

Cara Sederhana Naikkan Kecepatan Motor

[Image: 
16as3kw.jpg]
Ingin meraih top speed yang lebih dan tarikan lebih panjang pada Yamaha Jupiter-Z? Sederhana saja. Yang perlu dilakukan hanyalah mengganti komposisi sproket. "Perbandingannya diubah menjadi lebih kecil," terang Lukman, Chief Mekanik Yamaha Permata Motor di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Sproket Jupiter Z yang 15/40 sama dengan Vega ZR. "Kalau mau, tinggal kurangi gir belakang. Supaya tidak berat, pakai yang 38," lanjut Lukman. Hanya, kata Lukman, mengubah gir New Jupiter Z tak semudah seperti pada generasi sebelumnya. Khusus Jupiter Z baru dan Vega ZR, kedua motor ini punya rantai berbeda. "Pakai ukuran 420, lebih kecil dibanding Jupiter lama atau generasi Yamaha sebelumnya yang 428," sebut Lukman.

Dia juga menyarankan, penggantian sproket sebaiknya dibarengi dengan rantai. Pada Jupiter baru, ada holder di pengunci sproket. Saat dipasang, holder bisa diganjal ring supaya tidak longgar. Setelah itu, barulah memakai spi. Begitulah saran Lukman.

Kalau mau lebih gampang, bisa pakai sproket aftermarket yang cocok untuk rantai 420, misalnya yang dipakai Honda Karisma. "Meski begitu, harus sesuaikan lubang bautnya,